DotA Guide Indonesia



 
IndeksPortalPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 8 Fakta unik suku eskimo

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Matapanda~
Administrator
Administrator


Male Jumlah posting : 20
Join date : 20.01.13
Age : 23
Lokasi : Depok

PostSubyek: 8 Fakta unik suku eskimo   Sat Feb 16, 2013 1:19 pm

Quote :
Berikut ini adalah fakta unik mengenai suku eskimo


Quote :
Eskimo adalah istilah yang dipakai untuk menyebut orang-orang yang menghuni daerah kutub bumi. Kewujudan mereka tersebar di sebagian besar daerah Siberia (Rusia), Alaska (Amerika Serikat), Kanada, dan Greenland. Pada masa ini tercatat ada dua suku bangsa Eskimo yang menghuni kawasan-kawasan tersebut yaitu yupik dan inupiat. Agan agan pernah liat pelem animasi brother bear gak gan? nah itu salah satu contoh penduduk eskimo

Quote :

1.Kehidupan suku eskimo
eskimo:
 

Eskimo tinggal dlm beberapa kelompok keluarga, masing-masing mungkin berisi beberapa ratus orang. Secara umum, keluarga akan terdiri dari suami dan istri, anak lajang, anak menikah dengan istri-istri mereka serta anaknya. Anak-anak Eskimo dianggap "harta" dan jarang dihukum. Tidak pernah ada omelan atau pukulan. Tapi tidak berrti mereka dimanja.

Peran para lelaki adalah berburu makanan, mengendalikan kereta luncur anjing, mendayung perahu, dan membangun tempat penampungan. Tugas seorang istri yang paling penting adalah untuk membuat pakaian keluarga, yang harus hangat dan anti-dingin. Mereka juga harus menjaga anak-anak, memasak untuk keluarganya, dan kadang bahkan membantu tugas para suaminya. Para pria dan wanita Eskimo memperlakukan satu sama lain sebagai derajat yg sama, Perempuan tidak dianggap "warga negara kelas dua."

Eskimo tidak memiliki undang-undang, hanya aturan perilaku. Yang paling penting dari aturan-aturan tersebut:
(1) Semua anggota harus saling membantu dalam perjuangan untuk hidup;dan
(2) Setiap orang harus hidup damai dengan yang lain.

Quote :

2.pakaian eskimo
pakaian:
 

Pakaian orang Eskimo terdiri dari kulit binatang; favorit mereka adalah karibu karena hangat dan ringan. Apabila kekurangan karibu mereka akan puas dengan anjing laut, beruang kutub, atau bahkan rubah Arktik. Gaya bervariasi dari daerah ke daerah, tetapi semua orang di semua daerah memakai kombinasi yang sama: jaket berkerudung, celana panjang atau legging, kaus kaki, sepatu bot, dan sarung tangan. Kadang-kadang kacamata yang terbuat dari kayu atau tulang. Di musim dingin dua set pakaian yang digunakan. Lapisan dalam bagian bulu dibagian dalam (bersentuhan langsung dengan kulit). Lapisan kedua bagian bulu dibagian luar. Udara antara dua lapisan membantu menjaga panas tubuh dan membiarkan keringat untuk menguap. Pada musim panas mereka hanya mengenakan satu lapis pakaian.


Quote :

3. rumah dari es bernama iglo
rumah:
 

Bangsa Eskimo mempunyai sebuah rumah unik yang bernama Igloo, seluruh bagian rumah terbuat dari es dan bentuknya setengah bundar dan berpintu masuk berupa silinder. penduduk eskimo memiliki alasan membuat Igloo yaitu untuk berlindung dari udara dingin, hewan buas kutub (seperti beruang). Bangunan Igloo ini memiliki konstruksi yang kuat karena di buat dengan Es yang tak mudah meleleh. Mereka hanya membuat Igloo saat musim dingin akan datang karena saat musim panas Igloo akan meleleh. Suhu di dalam rumah Iglo cukup hangat dan nyaman ditinggali dan tidak terpengaruh suhu diluar yang bisa sampai -45 derajat celcius dan semua kegiatan dilakukan di dalam rumah tersebut.
Untuk membuat iglo jelas butuh balok balok es yang kuat dan kokoh, kemudian balok balok disusun seperti layaknya menyusun bata pada saat membuat dinding rumah, kemudian mereka akan menyalakan api unggun (yang selain untuk menghangatkan badan, juga untuk mencairkan sisi dalam iglo ini sendiri) sehingga es bagian dalam mencair dan es es tadi akan membeku kembali dan saling terpaut erat/menempel akibat terpaan angin dan akan menjadi kokoh dengan sendirinya. Belum lagi dengan adanya salju yang merupakan bahan pelapis yang baik, sehingga ruangan di dalam igloo bisa dijadikan tempat tinggal yang hangat dan nyaman.

Quote :

4. kepercayaan suku eskimo
kepercayaan:
 

Setiap komunitas biasanya memiliki seorang laki-laki atau perempuan yang diyakini memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan roh-roh. Mereka disebut "angatkuq" oleh orang Eskimo dan "shaman" oleh orang kulit putih. Mereka mencoba membawa cuaca yang baik, menyembuhkan orang sakit, meningkatkan pasokan permainan, dan umumnya memperbaiki kondisi masyarakat.
Kalo agan pernah liat brother bear, ada nenek yg bisa komunikasi sama roh dan tau tentang orang yg berubah jd beruang, nah entu gan shamannya,,

Quote :

5. pemakaman di es
Pemakaman:
 

Para eskimo percaya bahwa manusia maupun hewan punya jiwa yg hidup di dunia lain setelah kematian. Oleh karena itu tubuh seorang Eskimo yang mengalami kematian harus dibungkus dalam kulit hewan & diletakkan di tundra (tanah beku sepanjang tahun tetapi mencair selama musim panas) dan dikelilingi oleh lingkaran batu serta peralatan lainnya akan ditempatkan disamping tubuh bagi jiwa untuk digunakan dlm dunia berikutnya. Kemungkinan mayat-mayat masih utuh, karena tidak ada bakteria hidup di daerah bersuhu negatif!!

Quote :

6. hidup dengan beternak, bercocok tanam, dan berburu
Hidup:
 

Hah,, bertanan di es? mungkin sebagian akan ragu atau bahkan tidak percaya, tetapi suku eskimo memang bercocok tanam (kebanyakan gandum) tapi bukan di es melainkan ditanah, untuk diketahui bahwa kutub selatan daratannya berupa tanah yang diselimuti es yang beberapa akan mencair dimusim panas berbeda dengan kutub utara yang merupakan es yang mengapung. Selain bercocok tanam suku eskimo kebanyakan beternak domba, memancing ikan. Ada juga yang berburu hewan besar seperti polar bear (beruang kutub) perburuan dilakukan dengan menggunakan bantuan anjing serta persenjataan secara berkelompok, eskimo pribumi jaman dahulu bahkan menggunakan baju besi yang disebut KORIAK untuk berburu

Quote :

7. jarang mandi dan nomaden
Nomaden:
 

Kegiatan mandi relatif jarang dilakukan, mandi disinipun bukan seperti yang kita lakukan dengan menggunakan air melainka melap tubuh dengan kain saja karena selain saking dinginnya, suhu negatif dikutub membuat tidak ada bakteri yang berkembang disana.
Daerah kutub sangat luas, orang leluasa berpindah pindah(nomaden) jadi mereka hidup seperti kita juga perbedaan mencoloknya adalah suhu yang sangat dingin, rumahnya berupa tenda-tenda atau iglo dimusim dingin agar mudah dipindahkan, tetapi semuanya itu tidak berarti tidak ada yang menetap.

Quote :

8. Eskimo hari ini
Hari ini:
 

Saat ini hidup suku Eskimo jauh berbeda. Sebagian besar orang tinggal di kota atau permukiman kecil. Mereka mengenakan pakaian modern, tinggal di rumah-rumah modern, dan makan makanan yang dibeli dari toko. Alih-alih kayak dan kereta anjing, mereka menggunakan perahu motor dan mobil salju. Banyak yang telah meninggalkan agama asli mereka dan masuk agama Kristen. Banyak orang Eskimo sekarang bekerja untuk upah, tetapi sejumlah besar menganggur dan membutuhkan bantuan pemerintah untuk hidup.

Oke bray, segitu dulu info yg aye bisa tancep dimari Very Happy


SUMBER
Kembali Ke Atas Go down
 
8 Fakta unik suku eskimo
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» fakta tentang ayah
» Harga Suku Cadang original Ninja 250R
» WTS : Barang unik : lampu sen depan gabung lampu senja
» Parts(suku cadang n250r) apa saja yg bisa ditukar dengan suku cadang lain?

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
DotA Guide Indonesia :: General Discussion :: DGIpedia-
Navigasi: